Istilah Dalam Elektro Telekomunikasi

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering dipakai dalam teknik elektro telekomunikasi....

100baseT

100baseT adalah nama lain fast ethernet yang mempunyai kecepatan transmisi sebesar 100 Mbps. Jenis 100baseT jarang digunakan pada Local Area Network (LAN).

10base2

Adalah salah satu jenis standar ethernet (IEEE 802.3) untuk local area network. Standar 10 base 2 (disebut juga thinnet) menggunakan kabel koaksial 50 ohm (RG-58A/U) dengan panjang maksimal 185 meter. Beroperasi pada 10 Mbps dengan menggunakan transmisi baseband

10base5

Standar awal untuk ethernet dengan menggunakan kabel koaksial. Nama 10base5 didasarkan pada fakta bahwa kecepatan maksimum hanya 10Mbps. Menggunakan transmisi baseband dan panjang kabel maksimal 500m. 10base5 disebut juga thick wire atau thick net

10baseT

Jenis ethernet paling umum. Kecepatan maksimal adalah 10Mbps. Menggunakanb kabel tembaga dan merupakan card standar untuk menghubungkan local area network

64QAM

64-state quardrature amplitude modulation adalah teknik modulasi digital yang digunakan untuk mentransmisikan data downstream (menerima data) melalui jaringan yang menggunakan kabel koaksial. 64QAM mendukung kecepatan transmisi sampai 28 mbps pada kanal 6 MHz tunggal. 64QAM peka terhadap gangguan sinyal lain mak teknik ini tidak sesuai untuk transmisi upstream (mengirim data) yang banyak gangguan

ATM

Asynchronous transfer mode adalah protokol pertukaran paket (packet-switching) satandar untuk mentransmisikan dan menerima data sel 54 byte yang seragam (setiap sel terdiri dari 5 byte header alamat dan 48 byte data). Sel yang telah distandarisai dapat diproses melalui switch ATM digitaldengan sangat cepat, yang memungkinkan kecepatan transmisi data sampai 600 Mbps. ATM dirancang untuk mendukung layanan yang beragam termasuk suara, grafik, data, dan video bergerak. Juga memungkinkan perusahaan TV kabel dan telepon yang memberikan bandwith secara dinamis kepada setiap pelanggannya

Authentication

Menjamin transmisi data digital dikirim kepada tujuan. Authentication juaga menjaminintegritas pesan dan sumbernya (asal pesan). Bentuk authentication paling sederhana membutuhkan username dan password untuk dapat mengakses account. Protocol authentication dapat didasarkan pada enkripsi kunci-kunci rahasia, seperti DES, dan sistem kunci publik dengan menggunakan tanda tangan digital

ADPCM

Adaptive Differential Pulse Code Modulattion

Sistem penyandian suara yang memungkinkan digunakanya laju bit 32 kbps dibandingkan dengan standar PCM yang 64 kbps, dengan tetapmempertahankan kualitas suara yang sama.

BER (Bit Error Rate)

Banyaknya bit yang mengalami kesalahan/rusak selagi data ditransmisikan dari pengirim/simber ke penerima. BER dinyatakan dalam bilangan sepuluh yang berpangkat.

Bandwith

Menunjukkan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat bandwith diukur dengan putaran per detik (cycles per second) atau hertz (Hz), yaitu perbedaaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Sering juga digunakan ukuran bit per sekon

DSL(Digital Subscriber Line)

Saluran komunikasi data yang dapat membawa data pada kecepatan tinggi melalui kabel tembaga. Dengan DSL data dapat dikirimkan pada kecepatan 1,5 mbps (sekitar 30 kali lebih cepat dari kecepatan modem). Pengguna DSL dapat menerima data dan suara secara simultan

Ethernet

Adalah protokol LAN menggunakan topologi bus atau star dan mendukung transfer data sampai 10 Mbps. Versi yang baru 100baseT yang mendukung kecepatan transfer data sampai 100Mbps. Versi paling baru gigabit ethernet yang mendukung transfer data sampai 1000Mbps

Forward Error Correction

Koreksi yang digunakan dalam komunikasi satu arah, Misalnya telemetri atau aplikasi yang tidak mendukung atau tidak praktis untuk meminta transmisi ulang bagi blok yang tidak sampai. Sandi koreksi kesalahannya dimasukan dalam aliran data yang ditransmisikan. Jika suatu kesalahan terdeteksi oleh pesawat penerima, sandinya akan diambil dari blok datanya dan digunakan untuk memprediksi dan mengoreksi ke tidak sesuaiannya.

Fading (alunan)

Peristiwa perubahan kekuatan sinyal yang terjadi di pesawat penerima selama waktu sinyal itu sedang diterima. Cara menyatakan jumlah, jarak, dan kedalaman alunan ini telah dikembangkan dalam bangunan pengetahuan statistik yang dapat digunakan untuk mencirikan kejadian alunan disuatu lingkungan. Alunannya biasanya jatuh dalam distribusi stastistik yang dikenal dengan distribusi rayleigh. Fenomena ini dikenal dengan istilah Rayleigh Fading

Firewall

Adalah suatu sistem pengaman pada jaringan intranet yang terhubung dengan jaringan internet. Berfungsi untuk mencegah masuknya akses dari luar atau dari internet terhadap informasi atau data yang bersifat rahasia disistem intranetnya. Artinya orang luar tidak boleh atau tidak berhak mengaksesnya.

Frequency Shift keying (FSK)

Sebuah teknik modulasi digital yang frekuensinya sinyal pembawanya diubah-ubah nilainya berdasar aliran bit serial yang dimodulasinya.

Frequency Hopping

Suatu teknik yang digunakan untuk membangkitkan sinyal dengan melompatkan frekuensi sinyal pembawa dalam kaitannya dengan kode PN yang digunakan.

GPRS

General Packet Radio Service adalah standar komunikasi nirkabel yang bekerja pada kecepatan 15 kbps. Sistem GSM hanya mampu mentransmisikan data 9,6 kbps.GPRS dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data yang banyak seperti email taupun browsing internet

GPS

Global Positioning System adalah sistem navigasi dengan menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerimanya. Satelit mengorbit pada ketinggian 12.000 mil diatas bumi dan mengelilingi bumi 2 kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinyu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan.

Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini statiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk megirim sinyal sampai penerima di bumi. dengan menggunakan tiga satelit GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imajiner. Dengan 4 satelit dapat juga mengetaui ketinggian. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik GPS dapat digunakan untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.

Guard Band

Frekuensi dibawah atau diatas sebuah kanal sinyal yang dikosongkan untuk mencegah interfrensi (masuknya sinyal lain) dari kanal-kanal disebelahnya.

Handoff

Proses pergantian BTS yang melayani ponsel yang sedang aktif (proses pindah sel). Handoff terjadi antar sel dalam satu MSC atau antar sel yang berbeda MSC. Dalam GSM istilah Handoff lebih dikenal dengan Handover.

Handsaking

Proses yang mengatur dan mengendalikan aliran data antar dua piranti. Misalnya pada bluetooth.

Interferensi antar simbol

Peristiwa penyebaran yang berlebihan dari komponen individu sinyal yang mewakili (melambangkan) datanya (simbol digital), sampai energi sinyal yang menjadi acuan intervalnya saling bertindihan dengan acuan interval simbol sinyal lainnya. Keadaan ini dapat menimbulkan kesalahan dalam penerimaan data akibat kekacauan interval kunci waktunya.

Interleaving

Teknik yang efektif dalam menanggulangi alunan (fading) sinyal selama transmisi bit. Prinsip daarnya adalah menyebarkan kata sandi dengan memposisikan bit-bitnya berjauhan satu sama lain (tidak berurutan) sehingga mereka akan mengalami dampak alunan yang saling berbeda. Beberapa jenis persisipan ini adalah : secara diagonal (GSM), Blok, dan interblok.

Jitter

Variasi atau perubahan sesaat sinyal digital dalam hal pergeserannya dari posisi semula dalam skala waktu.

Multipath (lintasan jamak)

Kaitannya dengan propagansi (perambatan), yakni gelombang yang berjalan dari pengirim ke penerima yang datang dari berbagai arah akibat adanya pantulan dari berbagai objek.

Overhead bit

Bit-bit yang tidak berkaitan dengan data yang dikomunikasikan, namun disertkan sebagai kesatuaan paket data untuk menjamin keberhasilan komunikasi, misalnya bit untuk keperluan pembingkaian, tanda awal/akhir paket, alamat, deteksi kesalahan dan penyinkronan.

Parity

Adalah suatu metode deteksi kesalahan dengan cara menambahkan sebuah bit untuk membuat banyaknya bit 1 berjumlah ganjil (odd parity code) atau genap (even parity code).

Phase Shift Keying (PSK)

Merupakan teknik modulasi digital yang frekuensi sinyal pembawanya tetap (konstan) nilainya, tetapi fasa gelombangnya digeser (diubah) berdasarkan aliran bit serial yang memodulasinya.

Protokol

Seperangkataturan yang mengatur cara data ditransmisikan dan diterima. Protokol memiliki 4 fungsi:

1. Framing (pembingkaian) yang fungsinya berkaitan dengan pemisahan blok-blok data, menjadi bagian informasi data dan bagian kendali.
2. Kendali jalur hubungan, merupakan proseduryang digunakan untuk memutuskan piranti mana yang diizinkan untuk mengirim data.
3. Kendali aliran, merupakan proses protokol yang digunakan untuk memantau dan mengendalikan laju data.
4. Kendali urutan, yang menjaga agar pesan-pesan blok tidak hilang dalam transmisi atau dapat diduplikasi dalam menjamin bahwa mereka dapat diterima dalam urutan yang benar.

QPSK (Quadrature Phase Shift Keying)

Merupakan teknik moodulasi digital yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi modulasi pada BPSK (Binary Phase Shift Keying). Didalam QPSK satu simbol(salah satu dari empat fasa yang ada) mewakil dua bit, sehingga efisiensi modulasinya meningkat dua kali.

RELATED POST