Struktur Serat Optik

Serat merupakan salah satu diantara stasiun transmisi fisik yang menyalurkan informasi menggunakan gelombang cahaya. Dalam hal merencanakan penggunaan serat optic pada berbagai aplikasi saluran komunikasi perlu dipertimbangkan dari pemakaian bermacam– macam serat optik.

Struktur dari Serat Optik terdiri dari suatu yang transparan dengan indeks bias dikelilingi oleh lapisan selimut yang transparan dengan indeks bias lebih rendah dari indeks bias inti atau n2.

Struktur serat pada umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu :

Bagian inti (Core)

Merupakan bagian utama dari serat optic karena perambatan cahaya sebenarnya terjadi pada bagian ini.Terbuat dari bahan kuarsa (kaca) dengan kualitas yang sangat tinggi yang berdiameter antara 2- 125 um.Ukuran Core sangat mempengaruhi karakteristik serat optic tergantung dari jenis serat optiknya.

Lapisan selimut (Cladding)

Merupakan selubung dari core Terbuat dari bahan gelas dengan indeks bias lebih kecil dari core Berdiameter antara 5 – 20 µm, tergantung dari jenis serat optriknya. Hubungan indeks bias antara core dan cladding akan mempengaruhi perambatan cahaya pada core (mempengaruhi sudut kritis)

Lapisan jaket (Cloating)

Merupakan perlindungan lapisan inti dan selimut terbuat dari bahan plastik yang elastis

Susunan Serat Optik

RELATED POST