Menggunakan WiFi Secara Aman

Akses WiFi gratis merupakan akses yang tidak aman dan rentan terhadap "serangan" karena mungkin saja kita tidak menyadari bahwa ketika kita sedang mengirimkan file dari laptop, ponsel atau perangkat portable yang kita gunakan ada seseorang yang telah mencuri data kita.

Edgar Figueroa selaku executive director dari WiFi Alliance memberikan 5 buah tips keamanan saat menggunakan jaringan WiFi ditempat umum.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan jaringan WiFi di tempat umum  :
  • Atur konfigurasi pada perangkat Wi-Fi yang kita gunakan untuk tidak secara otomatis menyambung ke jaringan terbuka tanpa persetujuan kita. Dengan demikian, kita akan mengetahui jika perangkat kita akan terhubung dengan jaringan WiFi yang ada. "Banyak perangkat yang secara default memiliki kemampuan ini (atau ada juga yang dikonfugarsi) agar dapat terhubung dengan jaringan WiFi secara otomaris" ujar Figueroa. Perangkat yang peling umum memiliki kemampuan ini adalah konsol game portabel.
  • Jika kita memiliki dua buah komputer dengan koneksi nirkabel di rumah dan menggunakan fitur "berbagi file" dengan perangkat penyimpan data di komputer lain melalui jaringan nirkabel, lalu kita membawa laptop kita, jangan lupa untuk mematikan fitur "berbagi file" tadi ketika kita berada pada area WiFi ditempat umum.
  • Jika kita terpaksa harus berbagi file untuk kebutuhan bisnis dan mengharuskan kita untuk bertukar data sensitif, gunakan jaringan VPN (Virtual Private Network), karena jaringan ini memiliki jalur data yang lebih ter-enskripsi sekalipun berada pada jalur publik.
  • Gunakanlah sistem Firewall, baik yang sudah ada pada sistem operasi di komputer kita maupun dengan sistem Firewall yang ditawarkan dari pihak ketiga seperti Symantec. Firewall biasanya memiliki beragam opsi yang bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Hati-hati jika kita melakukan pembayaran online dengan menggunakan jalur WiFi ditempat umum, karena bisa saja data akun bank atau kartu kredit kita dicuri oelh orang lain, jika memang kita terpaksa harus melakukan pembayaran online di jaringan umum tersebut, gunakanlah koneksi VPN tadi. Gunakan jaringan WiFi hotspot yang menawarkan WPA2, walaupun tidak semua WiFi hotspot menggunakan opsi keamanan WPA2 ini.

RELATED POST