SMS Gateway

Untuk aplikasi SMS/MMS ada beberapa komponen penting yang diperlukan, yaitu:

- PC
- SMS/MMS Engine
- Koneksi ke Telecommunication Provider
- Software Aplikasi

Untuk Engine, bisa dipergunakan yang komersial ataupun bisa yang opensource seperti http://www.kannel.org yang komersial itu kebanyakan di buat untuk dijalankan pada operating system windows/UNIX.

Mengenai software aplikasi itu bermacam-macam model dan jenisnya. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa dibantu dengan googling di http://www.google.com dengan keywords SMS application atau MMS application.

Kalau untuk script PHP yang bisa mendukung SMS/MMS bisa di cari di http://www.hotscripts.com

Untuk membuat aplikasi SMS dikomputer dibutuhkan peralatan sbb:

1. Sebuah Komputer
2. S MS Gateway (Ca Moduler) bisa diganti dengan ponsel sebagai alternatif gateway.
3. Kabel data, untuk menghubungkan komputer dan sms gateway

Sistim kerja SMS

Dibalik tampilan menu messages pada ponsel sebenarnya adalah AT Command yang bertugas mengirim/menerima data ke/dari SMS-center. AT Command mirip perintah > pada dos.

Untuk mengetes AT Command kita bisa menggunakan windows HyperTerminal yang biasanya terdapat pada windows installer. Dengannya kita bisa membuka koneksi melalui port dengan SMS gateway.

AT Command untuk SMS biasanya diikuti oleh data I/O yang diwakili oleh unit-unit PDU. Data yang mengalir ke/dari SMS-Center harus berbentuk PDU (Protocol Data Unit). PDU berisi bilangan-bilangan heksadesimal yang mencerminkan bahasa I/O. PDU terdiri dari beberapa header. Misalnya untuk mengirim SMS ada 8 header yang didalamnya terdapat lagi subheader, Yakni:

1. No SMS-Center.
2. Type SMS (misalnya send atau recieve).
3. No Referensi SMS.
4. No ponsel penerima.
5. Bentuk SMS (sebagai sms atau fax?.
6. Skema encoding data I/O.
7. Jangka waktu (expired).
8. Isi SMS.

Nah kedelapan header (berikut subheadernya) tersebut kita gabungkan menjadi sebuah PDU yang lengkap.

Untuk memudahkan membaca bahasa PDU kita bisa menggunakan software untuk meng-encode dan men-decode PDU dari dan menjadi text biasa. Salah satunya adalah PDUSpy.

Untuk me ngautomatisasikaproses diatas kita bisa membuat aplikasinya dengan Visual Basic misalnya, yang kemudian bisa dikembangkan lagi untuk aplikasi web.

# thanks to brightside.wordpress.com #

RELATED POST